Archives

Separuh Bintang – Evline Kartika

[Resensi] Separuh Bintang – Evline Kartika

Oleh : Andika

Yang bisa terucap untuk novel ini adalah KEREN. Ceritanya emang remaja banget sih, tapi penulis bisa menyusun novel ini menjadi sebuah novel yang amat menarik. Saya sendiri nggak bisa berhenti baca. Rasanya pengen balik ke halaman berikut terus saking serunya.

Konflik yang dimasukkin cukup rumit. Ini dia yang ngebuat pembaca jadi terkejut-kejut dan jadi bertanya-tanya, “Ada apa sih sebenernya?” “Siapa sih orang ini?”. Tokoh Chiara sendiri menurut saya agak stereotype (dalam arti sifatnya ya, bukan kehidupannya). Chiara beda dari cewek yang lain, dia bukan anak populer, dia berani melawan “the cool kids” di sekolahnya. Yah, banyaklah novel teenlit yang tokoh utama ceweknya kayak gitu.

Tapi, kembali lagi ke konflik. Yang bikin aku suka novel ini, jujur, karena konfliknya yang rumit. Jalan ceritanya bener-bener unpredictable. Meskipun dengan background SMA tetap menjadi warna yang berbeda.

 

Sinopsis

Cinta itu nggak butuh alasan.

Jika cinta membutuhkan alasan, ketika alasan itu hilang ,cinta juga akan hilang bersamanya….
lalu ketika seseorang yang kita cintai itu menghilang, apakah kita juga harus hilang bersamanya? 

Dunia seakan terbalik bagi Chiara.

Dalam sekejap hidupnya yang penuh kebahagian berubah.

Setelah tahu statusnya sebagai anak haram – yang menyebabkan ayahnya marah dan kabur dari rumah, ditambah meningalkan ibu dan kakanya – Chiara mengunci rapat rapat sebagian dirinya.

Ditengah kesedihan dan keterpurukannya itu ,Aldy,sahabat sejatinya sejak kanak-kanak,selalu setia menemaninya.

Tapi,bisakah kesabaran dan ketulusan Aldy membuat Chiara bangkit lagi? Atau mungkin, perlu muncul kisah dan tokoh baru untuk memulai episode hidup Chiara yang selanjutnya? Who knows?

Novel ini banyak mengajarkan nilai-nilai kehidupan kepada para pembaca. Walau sang tokoh yang diterpa dengan kejadian yang bisa dikatakan berat untuk usianya, tetapi ia dapat bertahan dan berhasil melewatinya meski itu dapat dilakukan dengan kehadiran orang lain.

Separuh bintang merupakan novel yang layak untuk dibaca. Setelah Anda membacanya, siapa yang akan menjadi separuh bintang Anda? ^^

Rate: ✔✔✔✔✔

Judul : Separuh Bintang

Pengarang : Evline Kartika

Tahun terbit : 2009

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Jumlah Hal : 320 halaman

Kategori : Fiksi, Novel, Romantic

Ukuran : 13,5 x 20 cm

Harga : Rp 33.000

ISBN : 978-979-22-4545-5

Advertisements

Jingga dalam Elegi – Esti Kinasih

[Resensi] Jingga dalam Elegi – Esti Kinasih

Oleh : Andika

Novel ini, Jingga dalam Elegi menjadi salah satu novel yang saya tunggu tanggal terbitnya saat itu. Karena novel ini merupakan buku kedua atau lanjutan dari novel pertamanya “Jingga dan Senja”.

Sinopsis

Sejak peristiwa pagi hari saat melihat mata Tari bengkak, Ari jadi penasaran. Benarkah itu hanya karena Ari menghapus nomor HP Ata dari HP Tari, ataukah karena Angga? Kalau memang karena Angga yang notabene musuh bebuyutan Ari, Ari ingin tahu apa yang telah dilakukan cowok itu terhadap Tari.

Setelah menemukan a shoulder to cry on pengganti Angga dalam diri Ata, perlahan-lahan Tari mulai melupakan Angga. Sikap Ata yang bertolak belakang dengan Ari membuat Tari nyaman bersama Ata. Ia pun curhat habis-habisan kepada Ata yang lembut, penuh perhatian, baik hati, dan yang baru belakangan Tari sadari berhasil membuat jantungnya berdebar tak keruan. Gangguan dan intimidasi Ari sampai tidak diacuhkannya. Inilah yang membuat Ari makin salah tingkah-kini saingannya bukanlah Angga, melainkan saudara kembarnya sendiri.

Namun, saat Tari merasa telah menemukan pelabuhan hatinya, satu rahasia besar perlahan-lahan terkuak.

Tari merasa… lambat laun Ata semakin mirip Ari….

 

Setelah saya membaca novel ini ternyata agak sedikit rumit ceritanya. Tidak sekompleks pada novel seri pertamanya. Walau ceritanya sedikit membosankan tetapi secara keseluruhan novel ini masih tetap dapat dinikmati dengan baik.

Dan setelah selesai membaca novel ini perasaan yang saya dapat adalah kesal. Ternyata novel ini masih bersambung ke seri ketiganya. T.T *Cihh~ Yah sudah bagi peinta seri Jingga dan Senja, selamat menunggu seri kelanjutannya yang ketiga yang katanya judulnya adalah Jingga untuk Matahari. Satu hal yang jelas sampai ulasan ini dibuat, Esti Kinasih masih belum menyelesaikan naskahnya.Mari dibantu doa untuk kelancarannya. ^^

Rate: ✔✔✔

Judul : Jingga dalam Elegi

Pengarang : Esti Kinasih

Tahun terbit : 2011

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Jumlah Hal : 392 halaman

Kategori : Fiksi, Novel, Romantic

Ukuran : 13,5 x 20 cm

Harga : Rp 50.000

ISBN : 978-979-22-6647-4

3600 Detik – Charon

[Resensi] 3600 Detik – Charon

Oleh : Andika

Charon, dengan karyanya 3600 detik membuat saya tertarik dan entah mengapa terus saja membekas pada memori saya mengenai cerita novel yang satu ini. Cerita yang dikemas dengan cerita yang menarik serta bahasa yang mudah dimengerti membuat novel ini layak untuk kalaian miliki.

Berkisahkan seorang remaja wanita yang susah diatur dan sumber dari segala pembuat onar yang ada. Sandra. Dialah yang menjadi tokoh utama dalam novel ini. Sandra digambarkan sebagai sosok remaja yang menyalurkan rasa kecewanya dengan menjadi seseorang yang berbeda. Hal inilah yang membuatnya berulang kali dikeluarkan dari sekolah karena kenakalannya yang di luar batas. Ternyata yang menjadi pemicu utama adalah perceraian orangtua Sandra.

Sampai pada Ibu Sandra yang memutuskan untuk pindah kota. “Mungkin suasana dan lingkungan baru akan mengubah perialku putrinya”, begitulah yang dipikirkan oleh sang ibu.

Di sekolahnya baru Sandra tetap menjadi anak yang bandel. Dia bertemu dengan Leon, remaja yang pintar yang secara perlahan mulai merubah Sandra kembali menjadi sosok Sandra yang sebenanrnya. Tapi secara perlahan juga Sandra mengetahui ada yang terjadi pada diri Leon.

Novel ini mengajarkan kita untuk menghargai keluarga kita. Memendam rasa kecewa, marah, sakit hati, jenuh hanya akan mendatangkan rasa sakit lainnya.

Waktu sangatlah berharga, hal ini juga tersirat dalam novel ini. Melihat usaha yang dilakukan Leon dengan 3600 detiknya yang ia punya bersama Sandara. Waktu jugalah yang merubah mereka.

Rate: ✔✔✔✔

Judul : 3600 Detik

Pengarang : Charon

Tahun terbit : 2008

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Jumlah Hal :208 halaman

Kategori : Fiksi, Novel, Romantic, Teen

Ukuran : 13,5 cm x 20 cm

Harga : Rp 39.000

ISBN : 978-979-22-3728-3

Jingga dan Senja – Esti Kinasih

[Resensi] Jingga dan Senja – Esti Kinasih

Oleh : Andika

Jingga dan Senja merupakan sebuah novel yang dihasilkan oleh Esti Kinasih. Novel yang sungguh mengejutkan bagi saya. Banyak sekali kejadian-kejadian yang tak terduga beserta klimaks-klimaksnya yang oke punya.

Berlatarkan dunia SMA di Jakarta, membuat novel ini asyik untuk dibaca dan dengan bahasa yang ringan membuat karya Esti Kinasih ini dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat. Yang membuat saya tertarik pada novel ini adalah covernya. Dengan berlatarkan nuansa orange dengan tokoh utama yang duduk di bangku. Simple.

Jingga, gadis belasan tahun dengan segala aksesoris bernuansa orange. Ari, pria yang suka sekali tawuran dan merupakan pentolan dari sekolahnya. Merupakan dua anak manusia yang dilahirkan dan diberikan nama oleh orang tua mereka dengan terilham dari benda langit terbesar di jagat raya yaitu MATAHARI.

Suatu ketika Jingga dihadapkan pada suatu situasi yang membuatnya harus bertemu dengan musuh bebuyutan Ari, Angga. Apakah yang akan terjadi selanjutnya tidak akan pernah diduga oleh Jingga sebelumnya. Ia harus menghadapi suatu kejadian yang tak mengenakkan.

Novel ini mengajarkan kita untuk percaya diri. Percaya pada kemampuan diri kita sendiri dan tidak untuk tidak menyerah. Nikmatilah hidup dengan senyuman. Apapun yang terjadi.

 

Rate: ✔✔✔✔

Judul : Jingga dan Senja

Pengarang : Esti Kinasih

Tahun terbit : 2010

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Jumlah Hal :312 halaman

Kategori : Fiksi, Novel, Romantic

Ukuran : 13.5 cm x 20 cm

Harga : Rp 42.000,-

ISBN : 978-979-22-5431-0

Seoulover – Suci Marini

[Resensi] Seoulover – Suci Marini

Oleh : Andika

Seoulover, dari judulnya saja sudah dapat dipastikan kalau setting ceritanya akan berada di Seoul, Korea. Dan Tepat sekali, dengan set tempat Korea – Indonesia membuat novel yang dibuat oleh Suci Marini ini menjadi novel yang menarik. Bahasa yang ringan membuat kita tahu isi ceritanya. Ilustrasi dari cover novel pun terlihat indah antara perpauduan warna dengan sketsa tokoh.

Alisa Song, gadis berusia 16 tahun yang diorbitkan menjadi penyanyi di Seoul membuatnya menjadi artis yang sukses. Bersama Saga5 yang merupakan group satu manajement dengannya, yang juga menjadi tetangga di apartemennya. Saga5 terdiri dari 5 lelaki yang kece-kece dan digandrungi oleh remaja Korea.

Ternyata diam-diam Alisa menyukai salah satu personil Saga5, dan seiring berjalannya waktu sepertinya lelaki itu pun juga merasakan hal yang sama. Tetapi semua mimpi buruk itu pun muncul. Sebuah kejadian yang dibuat oleh orang tak bertanggung jawab menyebabkan Alisa harus rela dan terpaksa meninggalkan dunia hiburan yang membesarkan namanya ke puncak dan juga memjatuhkannya kembali ke tanah.

Hubungannya dengan salah satu personil saga5 pun harus direlakannya. Alisa berjanji akan bertemu 5 tahun lagi dan kembali dengannya setelah ia jauh lebih kuat.

Seoulover, mengisahkan tentang suatu mimpi, pengharapan, akan suatu kepastian yang tak kunjung datang. Tapi setelah kepastian itu datang, akan membuat luka baru yang sangat menyiksa hati. Tetapi percayalah bahwa itulah hidup. Merasakan yang manis selalu membuat hidup tak berarti. It’s life guys. Hal-hal seperti ini yang membuat kita menjadi kuat.

Rate: ✔✔✔✔✔

Judul : Seoulover

Pengarang : Suci Marini

Tahun terbit : 2012

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Jumlah Hal : 192 halaman

Kategori : Fiksi, Novel, Romantic, TeenLit

Ukuran : 13.5 cm x 20 cm

Harga : Rp 35.000

ISBN : 978-979-22-7874-3